Sabtu, 30 April 2011

Cerpen pertamaku

Cerpen pertamaku
“wah bagu banget nih cerita”. Kataku. Aku senang sekali membeli novel atau cerita lainnya karena aku suka sekali membaca. Tiba-tiba aku kepikiran untuk membuat novel atau cerpen sendiri.
“selama ini kan aku selalu mbaca karya orang lain. Gimana kalo aku buat sendiri aja, supaya karyaku dibaca orang lain”. Kataku bersemangat.
Mula-mula aku berusaha untuk membuat cerpen. Sebenarnya aku bisa sih membuat cerpen dengan mudah, tetapi aku cuman bingung dengan temanya. Akhirnya aku pun meminta saran kepada salah seorang temanku.
“Nes.. kamu setuju gak kalo aku buat cerpen”. Tanyaku.
“wah setuju banget. Emang betul kamu mau buat cerpen, udah jadi belum. Kalo udah jadi aku mau jadi pembaca pertama cerpenmu ya..”. kata nesya bertubi-tubi.
“eh aku belum buat cerpen kok. Aku masih kepikiran aja mau buat cerpen. Eh aku mau minta saran nih ke kamu”. Kataku
“saran apa?”
“gini…aku kan mau buat cerpen, terus cerpen itu kan ada temanya. Lah itu aku mau Tanya. Enaknya temanya itu tentang apa ya??”
“oh tema ya.. em gini aja biar lebih gampang, kamu bisa nyeritain di cerpen itu tentang kehidupan mu sendiri.”
“oh iyaya. Aku kok gak kepikiran itu tadi. Ya udah makasih ya nes”
“eh jangan lupa ya kalo cerpen mu udah jadi aku mau jadi pembaca cerpenmu, oke “
“pasti dong.” Kataku sambil bertos ria dengan nesya.
“tettetetetetet…”
“udah bel tuh. Yuk kita cepet-cepet masuk kelas kan habis ini guru kiler yang ngajar” kata nesya sambil berlari.
“eh..tunggu dulu dong” pintaku. Tapi nesya tetap berlari

“leniii..ayo turun sayang kita makan dulu.” Kata mama didepan pintu kamarku
“ya ma.. sebentar lagi” sahutku dari dalam.
“ayo dong sayang, buruan.. nanti keburu dihabisin sama adikmu lo..” kata mama.
“biarin deh ma. Biar dihabisin tu skalian sama piringnya” kataku sambil membuka pintu.
“kamu lagi apa sih, online??. Kelihatannya gak mau diganggu banget deh.”Tanya mama heran sambil melongokkan kepalanya kedalam kamarku.
“gak ma..aku tuh lagi…buat cerpen gitu..”kataku.
“cerpen???mama sih gak keberatan kalo kamu buat cerpen. Tapi jangan lupa dong waktu makan mu. Yuk turun kita makan dulu.” Kata mama.
“tapi kan…aku gak sabar pengin nylesein cerpen ku itu”
“udah nanti aja” kata mama sambil menarikku turun dari tangga.

Leni sayang..habisin dulu dong makananmu, nantikan masih ada waktu.” Kata mama ketika aku mau meninggalkan meja makan.
“aduh ma leni sudah kenyang nih..” kataku sambil memegangi perutku yang sebenarnya sih gak kenyang.
“ya udah kalo gitu, kamu pasti udah gak sabar ya mau nyelesein cerpen mu..” kata mama sambil nyengir.
“emang.”kataku singkat.
“kamu mau gak mama beliin tips membuat cerpen”.
“hmmm…gak usah deh ma, besok-besok aja, kan cerpen ku udah mau jadi.”
“ya udah kalo gitu…terserah kamu deh,”
“ya udah ma leni keatas dulu ya..cuci piringnya ditunda dulu ya ma.libur sehari Ini aja. Boleh kan ma??” kata leni sambil merayu.
“ya boleh aja sih kalo cuman sehari..”kata mama.
“makasih ya ma, leni mau kekamar dulu..doain cerpen leni cepet jadi ya ma..”
“ya dong mama pasti doain kamu lah..”
“Udah ma ya” kataku sambil berlari menuju kamarku.

“wah udah jadi nih..bagus gak ya??aku bawa kesekolah aja..biar nanti dibaca nesya..” kataku sambil memasukkan cerpen pertamaku itu ke tas.
“ma cerpen ku udah jadi nih..”kataku pada mama sembari tersenyum bangga.
“wah..masa sih..mama baca dong” pinta mama
“eitss nanti dulu. Aku udah janji nih ama nesya” kataku.
“janji apa??” Tanya mama heran.
“ya janji..kalo nesya akan jadi pembaca pertama cerpen ku ini. Mama nanti aja ya pulang sekolah” kataku sambil mengikat tali sepatu.
“oke deh mama tunggu..”kata mama.
”ya udah ma..aku berangkat dulu..assalamualaikumm…”
“waalaikumsalam” jawab mama senang.

“nes..nesya..”teriak ku disepanjang koridor sekolah. Nesya tidak menyahuti teriakan ku itu. Kulihat ia serius membaca novelnya.
“heii!!!...” triakku, yang langsung mengkagetkan nesya.
“ehhh…leniiii!!! Kamu ini selalu bikin kaget orang aja. Orang lagi asyik mbaca lagi…” kata nesya dengan wajah cemberutnya.
“nih.. aku bawa sesuatu buat kamu” kataku sambil mengeluarkan buku dari tasku itu.
“apa ini??” Tanya nesya heran
“baca aja..itu cerpen ku..” kataku dengan senang
“wahh…ternyata jadi juga ya, kirain kamu gak bakalan bisa nyelesein cerpen ini..eh ternyata jadi juga..”
“udah.. yang penting kan cerpen ku udah jadi..baca aja..trus baru komen, oke..”
“siiip lahhh”

“wah…ternyata kamu bakat juga ya buat cerpen…ceritanya bagus banget looo… kalah sama novel yang kubaca ini..”komen nesya.
“beneran??”kataku gak percaya
“iyaaa…..aku aja sampe terkagum-kagum loo….”
“Ihhh… makasih ya….”
“makanya buruan terbitin…”saran nesya lagi.
“Pasti dong..”

“ma..mama sini dong..” kataku
“ada apa??” Tanya mama heran
“nih..” kataku sambil memberikankan cerpen ku kearahnya.
“oww cerpen kamu tohhh.” Kata mama sambil membuka halaman pertama.

“wahhh bagus lo ceritanya..”
“oh ya???” Tanya ku
“kapan kamu mulai nerbitinnya??” Tanya mama
“ya secepatnya lah ma”
“sekarang aja” usul mama
“oke deh kalo itu mau mama… aku sih pokoknya mau nerbitin cerpen pertamaku ini kekoran dulu.”
“ya terserah kamu..moga-moga aja dimuat ya nanti”
“amiiiinnnn..”kataku bersemangat

“ma liat nih ma” kataku sambil menyodorkan Koran kemama.
“Apa?? Berita kecelakaan” Tanya mama heran.
“liat aja tuh ma, di halaman 13” kataku, mama pun langsung membuka halaman yang kumaksudkan tadi. Tanpa berkata-kata lagi mama pun mulai membaca cerpen yang dimuat dikoran itu, belum selesai membacanya mama langsung berkata
“kayaknya mama tau deh cerpen ini punya siapa” kata mama sambil tersenyum.
“berhasil kan ma..” kataku dengan senang.
“siip, aank mama memang pintar” puji mama.
“Rega…!!!” triak mama sekencang-kencangnya. Terlihat rega bergegas turun dari tangga.
“ada apa sih ma triak-triak segala” kata rega
“liat nih kakakmu”kata mama
“kenapa??” kata rega sambil melihat leni
“coba kamu baca cerppen ini” pinta mama sambil memberikan Koran yang habis dibacanya tadi ke
rega.
“siapa emang yang buat cerpen ini. Kok bagus banget ceritanya.. pasti orang berbakat ya ma yang buat cerpen ini.”
“emang orang berbakat kok yang buat cerpen ini” kata leni dengan bangga.
“emang siapa yang buat ini” Tanya rega penasaran.
“ya kakak mu ini siapa lagi..” kata mama sambil tersenyum
“oh.. ternyata kakak bisa juga ya buat cerpen..aku gak nyangka.. heheehe.” Kata rega sedikit mengejek
“kamu ngejek aku ya, apa… kamu sirik ya keaku”kata leni
“ya aku bangga aja sama kakak yang satu ini. Ternyata aku punya juga ya kakak seperti kamu ya..”
“ ya iyalah.. leni gitu lohhh..” kata leni dengan lebay nya.

Akhirnya cerpen pertamaku berhasil dengan sangat-sangat sempurna. Aku pun senang dan mulai sekarang aku berusaha untuk membuat novel dan cerpen yang banyak. Masa’ aku harus baca karya orang terus sih, kan bosan. Sekali-kali buat sendiri dong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar