Sabtu, 30 April 2011

Akhir hidup ku

Hari ini hari pertama aku masuk SD. Dan aku sangat senang sekali karena itu impian ku sejak dulu.
“ih…. anak mama kok rajin bener. Malam–malam gini udah nyiapin buku.” Goda mama kepadaku.
“ya iya dong ma. Oh ya ma besok bangunin ester ya pas jam 5 pagi. Oke??.” Kataku.
“pasti dong.” kata mama
“Udah ma, ester mau tidur dulu ya.”kataku.
“oke.” kata mama
Jam 6 pagi ester sudah berada di ruang makan. Padahal biasanya ia masih berada di kamar tidurnya.
“nih mama buatin makanan kesukaan kamu”kata mama sambil tersenyum senang saat melihat ku semangat untuk sekolah.
“wah….terima kasih ya ma…”kataku berterima kasih dan segera mengambil sepotong daging ayam diatas meja makan.

“ma… ayo dong cepetan.nanti ester telat nih .”kata ku
“ya mama udah mau selesai nih”kata mama sambil berlari kearah ku.
“yuk” kata ku.
“ma aku deg-degan nih”kata ku sambil makan snack di mobil.
“kenapa emangnya??”Tanya mama sedikit heran.
“nanti kan ester masuk kelas baru. Trus nanti kalau ester disuruh perkenalan diri didepan kelas gimana??”kata ku
“ya PD aja kali”kata mama menyemangati ku. aku pun hanya terdiam.

“good luck ya sayang”kata mama sambil mencium kening ku.aku pun hanya tersenyum kearah mama.mama pun akhirnya kembali menuju mobil dan ia menoleh kearah ku dan melambaikan tangannya kearahku aku pun menjawab lambaiannya.
Aku masuk kekelas baru ku dengan deg-degan aku pun segera duduk dibangku paling depan.karena bangku paling depan itu adalah tempat duduk favoritku.
Aku pun menunggu bel masuk berbunyi sambil membaca novel kesukaan ku.tiba-tiba ada seorang anak yang duduk disebelahku.
“hai”katanya menyapaku. Aku pun hanya tersenyum.
“nama kamu siapa?”Tanyanya
“ester”kataku sambil mengulurkan tangan kearah nya dan disambut dengan uluran tangannya.
“nama ku dela”katanya
“kamu mau kan jadi sahabatku?”tanyanya
“boleh”kata ku. Dela pun tersenyum kepadaku
“tet…tet…”akhirnya bel tanda masuk pun berbunyi. Tiba-tiba ada seorang guru yang masuk kedalam kelas baruku itu.
“selamat pagi anak-anak”katanya
“selamat pagi bu…”anak-anak menjawab dengan serempak termasuk aku.
“nama saya erni panggil saja saya bu erni. Saya disini akan menjadi wali kelas kalian…….”katanya panjang lebar
“ada pertanyaan anak-anak?”tanyanya. tapi tak ada seorang pun yang menghiraukan ucapan bu erni di depan kelas t, karena anak-anak sedang sibuk bermain dengan teman-teman barunya termasuk aku.

Ketika pulang sekolah…..
“gimana sayang sekolah barunya?”Tanya mama kepadaku sambil masih fokus kejalan raya karena ia sedang mengendarai mobil.
“ya senanglah ma. Aku tadi kenalan sama teman baruku dan akhirnya aku dan teman baruku itu menjadi sahabat. seneng deh pokoknya.trus ester juga punya cerita lucu. Gini ceritanya. kan waktu bu erni lagi nerangin didepan kelas panjang lebar gitu ma sampe mukanya keliatan kalo ia capek tapi gak ada satu pun murid dikelas nya itu yang ngehirauin bu erni karena mereka pada sibuk sendiri.ada yang main lah ada yang ngobrol lah.pokoknya lucu deh ma.jadi bu erni itu kayak obat nyamuk gitu ma.hahaha…..”kataku sambil tertawa.
“jangan-jangan kamu juga gak ngehirauin bu erni juga ya?”kata mama
“ya iyalah ma.aku kan keasyikan ngobrol sama temen baruku jadi ester gak sempet denger ucapan buerni tadi ma…”kataku sambil masih menahan tawa.
“loh…ya gak boleh gitu.kita kan harus menghormati orang yang sedang berbicara apa lagi orang tua. Coba kalau kamu yang jadi bu erni kayak tadi itu.trus kamu ngomong nya panjang lebar sama ngotot-ngotot gitu.terus ternyata nggak ada seorang pun yang dengerin kamu bicara.semua yang kamu ajak bicara itu malah main sendiri gitu. trus perasaan kamu gimana??kesel kan???”kata mama menasihati aku
“ya sih ma. mama emang bener…aku kan jadi kasihan ama bu erni”kataku sedikit sedih
“lah udah tau gitu…kamu gak usah sedih lagi. Besok kan masih ada waktu untuk minta maaf. Kamu udah nyadar karena kesalahan kamu aja mama udah seneng sama kamu.berarti kamu memang beneran anak mama.mama jadi seneng deh…”kata mama
“loh jadi ester tadi bukan anak mama ya..”kata ku bercanda kepada mama
“loh kan mama Cuma bercanda”kata mama sambil tersenyum.sekarang gantian ester yang kena candaan mamanya.
“ih….dasar mama”kataku sambil memukul lengan mama.

Keesokan harinya….
“ester sayang bangun dong. Udah jam 5 nih” kata mama yang membuyarkan mimpi indah ku semalam
“Ya ma”kata ku sambil menggeliat kan tubuh ku di ranjang
“nih mama kasih uang saku dulu. Sory ya nanti mama gak bisa nganterin kamu sekolah.karena mama hari ini lagi banyak kerjaan di kantor dan mama habis ini harus sudah berada dikantor. Kamu nanti naik taksi aja ya..”kata mama sambil mengelu-elus kepalaku
“ya udah gak pa-pa deh ma. Ester kan mau sekali-kali mandiri” kata ku sambil tersenyum
“gitu dong kamu emang anak pintar”kata mama memujiku
“loh…ester kan udah pinter dari dulu..hehehe”kataku bercanda
“ya udah mama berangkat dulu ya.buruan mandi sana.ow…ya jangan lupa nanti pintu depan kamu kunci ya.nih kuncinya” kata mama sambil memberikan kuncinya kepadaku
“ok..salim dulu dong”kataku sambil mengulurkan tangan kearah mama
“hih…anak mama ini memang gemesin banget deh”kata mama sambil menerima uluran tangan ku dan mencubit pipi kanan ku.aku pun hanya tersenyum.
“ow ya. Sarapan kesukaan mu udah ada diatas meja.habisin ya”kata mama dari luar rumah
“makasih ya ma”kataku.tetapi tidak ada sahutan dari mama.waktu kulihat melalui jendela ternyata mobilnya sudah tidak ada.ternyata mama udah berangkat

“udah pak aku turun sini saja”kataku pada sopir taksi yang aku tumpangi
“loh mbak saya sebrangin dulu sampe sekolahannya mbak aja ya” kata sopir taksi itu
“gak deh pak”kataku sambil membuka pintu taksi. Sopir taksi itu hanya terdiam melihatku. Setelah aku membayar ongkos taksi nya. Pak sopir taksi itu pun segera pergi meninggalkan aku
Aku pun berhati-hati menyebrangi jalan raya yang sangat ramai itu. Setelah kupikir-pikir, ternyata aku menyesal menolak jasa pak taksi itu untuk menyebrangkan ku. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Pak taksi itu sudah pergi.
“huh..”aku pun hanya bisa mendesah.
Perlahan-lahan aku menyebrangi jalan raya yang padat dengan kendaraan bermotor itu.sampai ditengah jalan raya, tiba-tiba ada motor yang berkecepatan tinggi menuju kearahku dan tiba-tiba……blep… gelap. Aku tak bisa melihat apa-apa. Bangun-bangun aku melihat mama ku yang menangis tersedu-sedu di sebelah ku sambil memegang tangan ku. Dan…bau khas rumah sakit terasa menyengat dihidungku. Ternyata aku berada di rumah sakit. Oh tuhan…..kenapa aku ini??
“huhuhuhu….” Kulihat orang disekelilingku menangisi aku termasuk mama
“ester jangan tinggalin mama…hiks hiks…mama nyesel telah mbiarin kamu berangkat sendiri kesekolah. Mama… hiks..janji lain kali kalo ester berangkat ke sekolah mama akan nganterin kamu. Meskipun mama banyak kerjaan dikantor. Mama sayang sama kamu ter..hiks..hiks” aku masih bisa mendengar suara mama yang lembut di telingaku. Mama memegang tangan ku erat-erat. Ia tidak mau aku pergi meninggalkannya. Karena mama pasti trauma.karena mama telah lama di tinggal papa beberapa tahun yang lalu.
Tiba-tiba nafasku terasa sesak. Dan semua menjadi gelap…
Aku sadar bahwa aku tlah meninggalkan dunia ku dan semua orang yang aku sayangi. Aku pun belum sempat meminta maaf pada bu erni.dan aku juga belum sempat berkata kepada mama dan orang-orang disekitarku bahwa aku mencintai mereka semua. Dela,Sahabatku yang baru aku senang bisa berkenalan dengan mu dan menjadi sahabat mu.dan terima kasih tuhan ku kau telah membahagiakan aku selama di dunia ini dan kau juga telah menciptakan mama untuk ku yang sangat sayang kepadaku….. tapi sekarang aku tak bisa berbuat apa-apa lagi..???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar